Contoh Soal HOTS Matematika SMP dan Matematika SMA

Sebagaimana kita akui bersama, bahwa dewasa ini soal HOTS begitu menggelora kehadirannya seperti hujan yang ditunggu saat musim kemarau. Saat Indonesia terpuruk di level soal yang membutuhkan keterampilan membaca, mengolah informasi, dan menelaah strategi penyelesaian masalah, maka soal HOTS pun digencarkan dan disosialisasikan agar segenap peserta didik dari tingkatan pendidikan rendah hingga tinggi dijejali dengan soal-soal HOTS.

Perhatikan saja kebijakan yang diambil akhir-akhir ini. Ujian Nasional (UN) pun digencarkan dengan serbuan soal-soal HOTS. Sehingga, banyak siswa yang protes bahwa kisi-kisi melenceng dari kisi-kisi UN. Nyatanya apa? Masih berada di kisi-kisi UN, hanya saja ketika soal yang dikerjakan tidak seperti biasanya yang diajarkan di kelas, maka dianggap soal tersebut di luar kisi-kisi UN.

Pun, di SBMPTN yang kabarnya akan menjadi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), soal-soal yang akan dikeluarkan adalah soal sejenis soal HOTS yang materinya telah diajarkan di sekolah.

Juga pemerintah melalui lembaga-lembaga yang terkait juga gencar mensosialisasikan pelatihan dan diklat-diklat penyusunan perangkat pembelajaran berbasis soal HOTS. Tidak hanya bahan evaluasinya yang dituntut HOTS, namun proses pembelajarannya diharapkan sejak dini sudah dikaitkan dengan masalah HOTS.

Sebenarnya apa sih soal HOTS itu? Berikut rangkuman yang dapat dipelajari.

High-order thinking adalah ketika mengingat kembali informasi (recall atau ingatan) diminimalkan dan penekanan diberikan terhadap:
  • Mentransfer dari satu konteks ke konteks lain
  • Memproses dan menerapkan informasi
  • Melihat hubungan antara informasi yang berbeda
  • Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
  • Menguji gagasan dan informasi secara kritis
Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2)memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbedabeda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.
Dilihat dari dimensi pengetahuan, umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja. Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah (problem solving), memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat.


Oleh karena itu, mari galakkan satu materi satu soal HOTS, dan blog berbagi dan belajar akan membagikan beberapa contoh soal HOTS (High Order Thinking Skill) untuk Matematika SMP atau Matematika SMA, SMK sebagai berikut. Semoga menjadi inspirasi dan pengembangan soal-soal HOTS ke depannya.......

Langsung saja ya....

Jangan lupa untuk instal aplikasi telegram di android atau iphone anda, dan jangan lupa berlangganan di channel Telegram Pak Anang Blog di http://t.me/pakanangblog untuk mendapatkan update terbarunya....

Klik untuk memperbesar.




















Semoga bermanfaat!